Minggu, 09 Desember 2012

Keindahan Alam di Taman Nasional Tanjung Puting


Jika anda gemar berwisata alam di alam bebas dan menikmati satwa liar di habitat aslinya maka anda harus mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Di sini kita bisa menyaksikan Orang Utan berakrobatik dari satu pohon ke pohon lainnya dengan sangat lincah. Selain itu anda juga bisa melakukan lintas alam, penelitian dan rekreasi di Taman Nasional ini.
Keindahan alam yang masih alami di sepanjang Sungai Sekonyer yang dihiasi dengan aneka tumbuhan juga bisa anda nikmati di Taman Nasional yang sudah ditetapkan oleh Unesco sebagai salah satu paru-paru dunia ini.
Taman nasional ini ditumbuhi oleh aneka flora yang unik seperti Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri), Jelutung (Dyera lowii), Keruing (Dipterocarpus spp.), Ramin (Gonystylus bancanus), Meranti (Shorea spp.), dan sebagainya.  Selain ditumbungi aneka flora yang unik, Bekantan (Nasalis larvatus), Orang utan (Pongo pygmaeus), Macan dahan (Neofelis nebulosa), Owa-owa (Hylobates mulleri), Beruang madu (Helarctos malayanus) dan satwa yang lain turut mendiami kawasan ini.
Transportasi air baik kelotok maupun speed boat  dengan harga yang relatif terjangkau tersedia di Taman Nasional Tanjung Puting. Jika anda ingin bermalam di kawasan ini, tersedia penginapan di Pangkalan Bun dan Kumai tersedia dengan tarif antara Rp. 100.000 – Rp. 250.000 per malam. Hotel Rimba (Rimba Lodge) di Desa Tanjung Harapan, di tepi sungai Sekonyer juga tersedia di sekitar lokasi Taman Nasional Tanjung Puting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar